Duta Swasembada Gizi Lampung Selatan Jadi Narasumber Dalam Roadshow Cetak Generasai Unggul Di Merbau Mataram

Duta Swasembada Gizi Lampung Selatan Jadi Narasumber Dalam Roadshow Cetak Generasai Unggul Di Merbau Mataram

LAMSEL – Blbnewstv.com |MERBAU MATARAM – Duta Swasembada Gizi Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto menjadi pemateri dalam Roadshow Proyek Cetak Generasi Unggul Lampung Selatan di Kecamatan Merbau Mataram, Selasa (29/08/2023).

Dipusatkan, di Desa Merbau Mataram menjadi lokasi kedua dari rangkaian Roadshow yang akan dilaksanakan di 17 Kecamatan se-Kabupaten Lampung Selatan.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Dalduk dan KB Rika Wati melaporkan, tujuan diadakannya Roadshow untuk mengetahui capaian dan tantangan dalam penurunan stunting di lapangan juga Pendampingan, advokasi dan kampanye pembangunan Sumber Daya Manusia secara berkelanjutan.

“Roadshow ini dilaksanakn untuk mengetahui capaian dan tantangan dalam penurunan stunting di lapangan sekaligus pendampingan,advokasi dan kampanye pembangunan SDM secara berkelanjutan di Lampung Selatan,” imbuhnya

Rika juga mengatakan, lewat kegiatan tersebut diharapkan saran dan usulan dari pelaksana kegiatan dilapangan bisa diwujudkan untuk generasi unggul di Lampung Selatan.

“Lewat kegiatan ini juga diharapkan saran dan usulan dari pelaksana kegiatan dilapangan bisa diwujudkan untuk generasi unggul di Lampung Selatan,” ungkap Rika.

Heri Purnomo, Camat Merbau Mataram melaporkan, dalam upaya penekanan angka Stunting di Kecamatannya telah melakukan Inovasi Centing Proni (Cegah Stunting Dengan Protein Hewani), Inovasi tersebut dilakukan dengan memberikan PMT kepada anak PAUD, ibu hamil dan juga ibu menyusui.

“Kami di Kecamatan punya inovasi untuk menekan angka Stunting yaitu Centing Protin. Inovasi tersebut dilakukan dengan memberikan PMT kepada anak PAUD, ibu hamil dan juga ibu menyusui,” kata Heri.

Dirinya menambahkan, dengan Inovasi tersebut tingkat persentase Stunting di Kecamatannya mengalami penurunan. Dimana, pada tahun 2020 2,27 ℅ dan pada tahun 2023 ini tahun turun menjadi 1,25℅.

“Alhamdulillah Stunting di kecamatan kami menurun dari 2.27 ℅ ditahun 2020 menjadi 1,25℅ di tahun 2023”, ucapnya.

“Di Kecamatan Merbau Mataram memiliki sekertariat Swasembada Gizi di setiap Desa dan memiliki kader TPK sebanyak 36 orang dan KPM sebanyak 30 orang,” ucapnya lebih lanjut.

Sementara, Winarni dalam arahannya menyampaikan untuk mewujudkan proyek yang sedang dilaksanakan di Kabupaten Lampung Selatan butuh kolaborasi yang kuat dari semua lintas sektor.

“Untuk mewujudkan proyek Cetak Generasi Unggul yang sedang kita laksanakan di Kabupaten Lampung Selatan ini butuh Kolaborasi yang kuat dari semua lintas sektor,” kata Winarni.

Menurut Winarni, Proyek Cetak Generasi Unggul Lampung Selatan ini adalah suatu Investasi jangka panjang yang akan dirasakan di masa mendatang.

Duta Swasembada Gizi sekaligus Ketua TP PKK Lampung Selatan itu mengungkapkan, bahwa anak adalah investasi yang harus disiapkan untuk menjadi pemimpin dan generasi penerus dimasa depan.

“Proyek yang sedang dikerjakan ini adalah Investasi jangka panjang yang akan dirasakan di masa mendatang dan anak anak adalah Investasi yang harus disiapkan untuk menjadi pemimpin dan generasi penerus di masa depan,” ujarnya.

Dirinya mengatakan, kegiatan Roadshow itu juga menjadi ajang bagi para kader kader yang hadir untuk menambah wawasan dan pengetahuan.

“Kegiatan ini juga sangat penting untuk dilaksanakan agar para kader ini bisa menambah wawasan dan pengetahuannya,” kata Winarni.

Dirinya menambahkan, gerakan tersebut dilaksanakan secara bergotong royong dan kebersamaan sesuai dengan arahan Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto.

“Gerakan gerakan yang kita lakukan ini dilaksanakan dengan kebersamaan dan gotong royong sesuai dengan arahan yang selalu dikatakan pak Bupati kita Bapak Nanang Ermanto “, tuturnya.

Dikesempatan itu juga dilaksanakan penyerahan sertifikat penghargaan dan bantuan oleh Ketua TPPS Lampung Selatan dan didampingi para pejabat yang hadir. (*)

Editor :(Yoni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *