Timbulkan Polusi Bau, Warga Protes Usaha Pengolahan Bulu Ayam 

SidomulyoBLBNEWSTV.COM – Warga Kampung banyu wangi, Desa sidowaluyo, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan mengeluhkan tempat pengolahan bulu ayam. Sebabnya, usaha tersebut menyebabkan polusi bau yang sangat menyengat.

Menurut warga RT 05/RW 03 Siswoyo mengatakan usaha pengolahan bulu ayam tersebut sudah ada sejak satu bulan.

“Namun mulai bulan terakhir ini, baunya semakin menjadi-jadi, sangat menyengat dan menjadikan lingkungan tidak nyaman,” Apalagi sampai muntah-muntah jelasnya, Selasa (12/12/2023).

Menurut Siswoyo, bau dari pengolahan bulu ayam tersebut, sehingga menimbulkan polusi yang amat hebat,” ungkapnya.

Warga, lanjutnya, telah mengadukan persoalan polusi bau tersebut ke Desa sidowaluyo, hanya menyampaikan aspirasi karena persoalan tersebut belum ada solusi,” kata siswoyo.

Harapan warga, kata siswoyo, usaha tersebut. “Kami menghargai usaha orang, tapi jangan sampai malah menganggu kenyamanan warga dengan menimbulkan polusi bau,” jelasnya.

Sementara Kepala Desa Sidowaluyo Haroni  mengatakan pengusaha pengolahan limbah bulu ayam tersebut baunya sangat menyengat dan sangat mengganggu kesehatan masyarakat khususnya bagi warga yang bertani di sekitarnya,”ujarnya.

Dampak limbah bulu ayam begitu besar bagi kesehatan, karena bulu ayam yang berserakan di lingkungan menimbulkan bau tidak sedap dan menjadi sumber penyebaran penyakit. Untuk Kepada dinas terkait seperti  DLHD Lampung Selatan supaya mengambil tindakan secepatnya.  (Yoni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *